Laman

Selasa, 11 Maret 2014

Tantangan Sistem Terdistribusi

Pada sebuah sistem terdistribusi, terdapat berbagai macam kendala yang mempengaruhi kinerja dari sistem ini. Inilah tantangan yang harus dihadapi oleh sistem ini agar kedepannya sistem terdistribusi dapat menghasilkan sistem yang tidak hanya efektif dan efisien tetapi bermanfaat banyak bagi penggunanya. Berikut beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh sistem terdistribusi :

     1.      Heterogenity
Pada sebuah sistem terdistribusi, banyak dijumpai berbagai macam elemen yang dapat menimbulkan berbagai macam kendala jika disatukan. Contohnya sistem operasi yang berbeda seperti windows  dan linux, spesifikasi perangkat keras dan juga bahasa pemograman yang berbeda. Elemen-elemen inilah yang harus disatukan agar menghasilkan suatu sistem yang dapat menunjang pekerjaan manusia. Diharapkan internet protokol ataupun aplikasi seperti samba, corba, dan teknologi baru sekarang ini adalah cloud computing dapat mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut. 
      2.      Openess
Sistem terdistribusi harus bisa diperluas, yakni dengan langkah pertama berupa memperkenalkan antarmuka komponennya. Akan tetapi, kesatuan dari komponen-komponen tersebut menajdi tantangan yang dihadapi. Maka dari itu perlu integrasi berbagai komponen yg dibuat oleh programmer atau vendor yg berbeda dengan mengikuti standart interface yang ada.
      3.      Security
Pada sistem terdistribusi terdapat lalu lintas transaksi data yang padat. Maka dari itu dibutuhkan keamanan untuk menjaga data dari pihak yang tidak berwenang untuk mengaksesnya atau kecerobohan dari diri kita sendiri. Untuk mengamankan informasi, dapat dilakukan dengan metode enkripsi, digital signature, atau algoritma chscksum/hash. Dapat juga menggunakan security service seperti access control, authentication, confidentiality, integrity dan non-repudiation.
      4.      Scalability
Sistem terdistribusi harus mempunyai kemampuan mendukung berbagai ukuran data atau jumlah pengguna yang menggunakannya. Maka dari itu dibutuhkan algoritma yang dapat menghindari efek bottleneck pada saat mengakses data. Selain itu, data juga distrukturisasi secara hierarkis agar dapat diakses dalam waktu yang singkat saja.
      5.      Failure Handling
Didalam sistem terdistribusi proses yang dijalankan dapat mengalami kegagalan. Kegagalan itu bisa terjadi secara bersama atau hanya sebagian komponen dari sebuah sistem. Dilain sisi komponen lain dalam proses harus tetap berjalan dengan baik. Maka dari itu diperlukannya deteksi, retransmission, redundansi penyimpanan data, penanganan eksepsi (misalnya timeout ketika menunggu sumber daya web) atau Replikasi data pada beberapa mesin.
      6.      Concurrency
Adanya beberapa user sekaligus yang mengakses ke sumber yang disediakan pada sistem terdistribusi merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh sistem ini. Dibutuhkan penjadwalan ataupun deadlock avoidance agar sistem berjalan dengan baik.
     7.      Transparency
Pada sistem terdistribusi, sistem berada ada pada transparency (penyembunyian) agar tidak terlihat kompleksitas dari sistem tersebut. Transparency ini terdiri dari beberapa jenis :
·       Access
User menganggap bahwa semuaresource adalah lokal contohnya pemetaan drive Samba server, NFS atau pencetakan dokumen secara parallel pada local printer.
·       Location
User tidak perlu mengetahui lokasi sumber daya pada sistem. Contohnya pada saat user mengakses web, user tidak perlu mengetahui server mana yang diakses.
·       Concurrency
user tidak perlu mengetahui keberadaan sistem paralel. Contohnya pada saat user menarik uang dari mesin ATM pada saat yang bersamaan ada teman user yang mengirimkan uang ke rekening user.
·       Replication
User tidak perlu mengetahui sumber daya orisinil atau replikasi yang diakses.
·       Failure
user tidak perlumengetahui kegagalan dan recovery sistem.
·      Migration/mobility
kemampuan melakukan relokasi sumber daya tanpa konfigurasi ulang oleh user.
·       Performance
perbedaan kinerja komponen sistem tidak perlu diketahui user



Referensi :
http://te.ugm.ac.id/~risanuri/distributed/ringk/Bab01_02.pdf
http://tele.informatik.uni-freiburg.de/lehre/ws02/dsys/lectures/dsys.part1.pdf
http://www.pribadiraharja.com/aliyah/pengantar_ds.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar